Mempelajari Obat Herbal Alami

Thursday, October 27th, 2016 - Obat Tradisional

Mengobati penyakit tidak hanya bisa dilakukan dengan menggunakan obat-obatan kimia. Ada alternatif penyembuhan sakit dengan cara lain, yaitu menggunakan obat herbal alami. Obat ini berasal dari alam sehingga sangat mudah didapat. Tidak hanya itu, menggunakan obat herbal untuk menyembuhkan penyakit juga aman dan tidak menimbulkan efek samping seperti halnya pengobatan lainnya. Di Indonesia sendiri sudah banyak yang mempraktekannya. Jika Anda termasuk orang yang tidak tahan dengan obat-obatan kimia, bisa mencoba obat jenis ini. Berikut beberapa contoh obat herbal yang sangat mudah dijumpai sehari-hari:

Obat Herbal Alami

Mengenal Obat Herbal Alami

  1. Kencur

Kencur masih sejenis dengan jahe dan kunyit. Obat alami ini tumbuh di dalam tanah sebagai akar. Kandungan bermanfaat dalam kencur sangat banyak sehingga bisa dijadikan sebagai obat. Adapun kandungan-kandungan tersebut yaitu: mineral, ethyl aster, minyak atsiri, asam cinnamic, asam anisic, alkaloid, kamphene, dan lain sebagainya. Adapun jenis penyakit yang bisa diobati dengan menggunakan obat herbal alami ini adalah: sakit kepala, influenza, keseleo, radang lambung, batuk, lelah, serta untuk melancarkan haid. Cara penggunaannya sebagai obat yaitu dengan cara diambil sarinya kemudian diminum. Bisa juga dihaluskan kemudian dioleskan pada bagian yang sakit, cara ini digunakan untuk mengobati keseleo.

  1. Daun Dewa

Tumbuhan semak bernama pohon dewa ini biasa ditemukan pada daerah subur dengan ketinggian antara 0 sampai 1000 meter di atas permukaan air laut. Daun Dewa mengandung zat-zat bermanfaat seperti flavonoid, saponin, minyak atsiri dan tannin. Zat-zat tersebut berguna untuk mengencerkan darah. Dengan demikian, daun Dewa sangat bisa digunakan untuk menyembuhkan masalah pembekuan darah. Selain itu, obat herbal alami ini juga bisa digunakan untuk mengatasi kejang pada anak, batuk, kanker, tumor, kutil dan mengatasi masalah tidak kunjung datang bulan. Cara mengonsumsi daun dewa bisa dimakan secara langsung sebagai lalapan, bisa diambil sarinya untuk diminum, bisa juga dihaluskan dibuat menjadi salep untuk dioleskan pada daerah luka seperti kutil.

  1. Keji Beling

Tanaman jenis ini memang masih terdengar asing di telinga. Di beberapa daerah, Keji Beling memiliki nama yang berbeda.  Seperti contohnya di Ternate, di sana Keji Beling disebut dengan sebutan Lire. Diluar kenyataan bahwa tanaman jenis ini masih kurang begitu terkenal, ternyata Keji Beling mengandung banyak senyawa penting seperti kalsium, kalium, natrium, glikosida, asam silikat dan tannin. Keji Beling dikonsumsi dengan cara dimakan langsung sebagai lalapan, bisa juga direbus untuk kemudian diminum airnya. Selain itu, bisa juga dioleskan langsung pada bagian tubuh, cara ini digunakan untuk mengobati kulit yang gatal-gatal karena ulat atau semut. Manfaat obat herbal alami ini di dunia pengobatan yaitu keji beling bisa digunakan untuk mengobati batu ginjal,  diare,  ambeien, disentri, kencing manis, maag, lever, dan kolesterol tinggi.

  1. Bawang Putih

Ternyata selain digunakan sebagai bumbu memasak, bawang putih juga bisa digunakan sebagai obat berbagai macam penyakit. Kandungan dalam bawang putih membantu dalam masalah kolesterol, kanker, flu serta batuk. Ada sebuah penelitian yang mengatakan dengan mengonsumsi bawang putih secara rutin, bisa menghindarkan dari ancaman kanker perut dan kanker usus besar. Salah satu zat yang terkandung dalam bawang putih adalah organosulfida. Zat tersebut memberi bantuan besar pada kerja hati dalam memproses zat beracun dalam tubuh termasuk zat-zat yang menyebabkan terjadinya kanker. Selain itu, dalam bawang putih juga terkandung petrochemical. Zat ini berguna untuk memerangi bakteri juga virus yang bisa menyebabkan penyakit. Sedangkan kegunaan obat herbal alami ini dalam menyembuhkan flu dan batuk dikarenakan adanya kandungan sulfur. Sulfur tersebut membantu mempercepat kerja membran mucous mengeluarkan lendir dari saluran pernafasan.

  1. Brokoli

Tanaman sayuran berbentuk seperti rambut kribo ini juga memiliki banyak manfaat di dunia pengobatan. Senyawa dalam brokoli diketahui sangat berguna untuk meningkatkan daya kerja otak dan bisa mengobati penyakit alzheimer. Di dalam brokoli terdapat vitamin C, kalsium, dan serat dalam jumlah yang tinggi. Siapa sangka sayuran yang enak dimakan ini bisa sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Cara memakan obat herbal alami ini bisa langsung dimakan mentah-mentah, bisa dicampur dengan bahan makanan lain untuk ditumis, bisa juga dimasukkan dalam sayur sop.

  1. Alpukat

Buah alpukat selain mempunyai rasa yang enak juga memiliki manfaat yang hebat untuk kesehatan. Buah yang satu ini baik dikonsumsi oleh orang yang menderita penyakit diabetes. Selain itu, buah alpukat juga baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Hal tersebut dikarenakan kandungan seperti vitamin A, Kalium, Natrium, dan karoten dalam buah alpukat. Tidak hanya itu, alpukat juga sangat berguna dalam mengatasi masalah kecantikan seperti kulit yang kering, pecah-pecah serta masalah rambut kusam.

  1. Cengkeh

Tanaman cengkeh sangat mudah di temukan di daerah tropis seperti Indonesia. Betapa beruntungnya Negara ini karena cengkeh sangat berguna dalam dunia kesehatan. Salah satu manfaat obat herbal alami ini adalah untuk mengobati sakit gigi. Caranya sangat mudah, yaitu cengkeh dihaluskan kemudian bubuknya digunakan untuk menutup gigi yang sakit. Untuk mencegah cengkeh pergi kemana-mana, bisa ditutup menggunakan kapas. Lakukan hal tersebut dua kali sehari. Selain mengobati sakit gigi, cengkeh juga bisa digunakan untuk mengobati asma, kolera, sakit kepala, sakit telinga, bisa juga untuk memperlancar sirkulasi darah. Cara mengonsumsi cengkeh bisa dijadikan minuman dengan ditambahkan madu dan air.

  1. Kumis Kucing

Kumis kucing juga bisa digunakan sebagai obat herbal alami. Tanaman ini berasal dari Afrika, namun sekarang sudah tersebar kemana-mana termasuk di Indonesia. Tanaman Kumis kucing bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti: rematik, batuk encok, albuminuria, batu ginjal, radang ginjal, kencing manis, serta penyakit syphilis. Bagian tanaman kumis kucing yang bisa dikonsumsi dan menyembuhkan penyakit-penyakit tersebut adalah bagian daunnya.

  1. Jeruk Nipis

Di dalam obat herbal alami yang satu ini terkandung banyak air, vitamin c, asam sitrun, lemak, glukosa, kalsium, fosfor, belerang, minyak atsiri dan asam amino. kandungan-kandungan penting tersebut bisa mengatasi penyakit seperti ambeien, sembelit, disentri, haid tidak teratur, batuk, vertigo, flu, amandel, radang hidung, kegemukan, anyang-anyangan, jerawat, suara serak, ketombe, dan masih banyak yang lainnya. Cara mengonsumsi jeruk nipis yaitu dengan membuatnya menjadi minuman. Ketika digunakan untuk masalah kecantikan, jeruk nipis bisa dijadikan sebagai masker. Namun, tidak hanya buah jeruk nipis yang bisa digunakan, ternyata bunga, batang, dan daunnya juga bisa berguna untuk kesehatan. Seperti contohnya, air yang diperoleh dari daun jeruk nipis bisa digunakan untuk menghambat tumbuhnya kuman pada kulit.

Itulah beberapa contoh obat herbal alami yang bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit. Meskipun Anda tidak menderita salah satu dari penyakit tersebut, ada baiknya untuk mempelajarinya kalau-kalau ada orang di sekitar yang sedang sakit. Bisa juga digunakan sebagai tindakan pencegahan untuk Anda.

Mempelajari Obat Herbal Alami | fuad | 4.5