8 Obat Herbal Keputihan yang Perlu Anda Ketahui

Sunday, October 9th, 2016 - Keputihan

Obat herbal keputihan merupakan salah satu alternatif bagi para wanita yang ingin merawat dan menyembuhkan gangguan kesehatan pada daerah kewanitaan. Gangguan keputihan menyebabkan rasa tidak nyaman dan, bagi yang telah bersuami, menjadi satu hal yang membuat hubungan suami istri tidak mesra lagi. Oleh karena itu, gangguan itu harus segera dipulihkan. Alternatif pertama tentunya berkonsultasi pada dokter. Walau begitu, untuk pencegahan atau penyembuh awal, ada banyak ramuan herbal yang bisa digunakan sebagai ramuan penghalau keputihan. Berikut adalah 8 di antaranya.

penyakit-keputihan

  1. Bawang putih

Bawang putih mengandung zat anti bakteri yang manjur untuk obat herbal keputihan. Ekstrak 400mg bawang putih (bisa menumbuk atau memblender dan memeras airnya), campur air hangat secukupnya, dan gunakan untuk membasuh vagina. Diamkan sejenak dan basuh degan air bersih. Gunakan tisu antiseptik untuk menghalau bau menyengat dari bawang putih. Lakukan 2-3 kali sehari.

  1. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu herbal yang bisa digunakan sebagai obat herbal keputihan Siapkan 20 gr kunyit, 10 gr daun sambiloto, dan 15 gr kulit delima kering. Rajang kunyit kecil-kecil, setelah itu rebus bersama bahan lain dalam 800cc air hingga air tersisa sekitar 300cc, saring. Minum air rebusan 2 kali dalam sehari secara teratur. Jika ingin lebih sedap, bisa ditambahkan madu secukupnya.

  1. Daun Sirih

Daun sirih tak boleh dilupakan untuk masalah keputihan. Daun sirih dikenal bisa mengurangi bau tak sedap dan rasa gatal keputihan. Ambil beberapa lembar daun sirih dan redam dalam air panas selama kurang lebih 1 jam. Gunakan air rendaan untuk membasuh vagina. Lakukan setiap hari pada pagi dan sore hari hingga mereda.

  1. Biji Ketumbar

Biji ketumbar juga merupakan obat herbal tradisional untuk keputihan. Ambil satu sendok makan ketumbar dan rendam dalam air panas selama satu malam. Paginya, saring air rendaman. Minum larutan itu saat perut masih kosong. Lakukan setidaknya selama 7 hari berturut-turut, dan gangguan keputihan pun mereda.

  1. Biji mangga

Biji mangga juga bisa digunakan sebagai obat herbal keputihan. Keringkan biji mangga, kemudian tumbuk hingga halus. Campur bubuk biji mangga dengan air bersih secukupnya, kemudian oleskan pada vagina. Lakukan secara teratur setiap hari hingga gejala mereda.

  1. Akar bayam

Akar bayam memiliki sifat anti bakteri dan bisa digunakan untuk mencegah dan menyembuhkan keputihan. Ambil beberapa akar bayam bersih dan rebus dalam 1 liter air sampai mendidih. Saring air rebusan dan minum sebanyak 2 kali dalam sehari, pagi dan sore. Lakukan secara teratur hingga gejala mereda.

  1. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh (tea tree oil) terkenal memiliki zat-zat anti bakteri yang dapat digunakan sebagai obat herbal keputihan. Gunakan minyak pohon teh untuk membasuh daerah vagina setiap malam sebelum tidur. Lakukan setidaknya selama 7 hari berturut-turut secara teratur hingga gejala mereda.

  1. Kulit pohon beringin dan kulit pohon ara

Anda bisa menggunakan ramuan paduan kedua kulit ini untuk mencegah keputihan. Ambil satu sendok makan kulit pohon beringin dan kulit pohon ara (dalam takaran yang sama), kemudian rebus dalam 1 liter air sampai mendidih. Dinginkan, saring, dan gunakan untuk membasuh bagian vagina. Tunggu beberapa saat, kemudian basuh kembali vagina dengan air bersih. Lakukan secara teratur setiap malam sebelum tidur hingga gejala mereda.

Demikian 8 buah tips obat herbal keputihan. Semoga bisa bermanfaat.

8 Obat Herbal Keputihan yang Perlu Anda Ketahui | fuad | 4.5