Obat Tradisional Asam Urat dari Bahan-bahan Alami

Wednesday, August 31st, 2016 - Asam Urat

Kadar asam urat tinggi dalam darah merupakan pemicu utama penyakit rematik. Bahkan jika dibiarkan berlarut-larut tanpa penanganan bisa menyebabkan penderitanya mengalami gagal ginjal. Karena itu tak berlebihan jika kita menganggap asam urat tinggi adalah salah satu gangguan kesehatan paling serius.

Minyak Zaitun

Mayoritas kasus asam urat tinggi di Indonesia disebabkan oleh ketidakmampuan ginjal dalam menjalankan fungsinya dalam menetralisir asam urat berlebih. Inilah hubungannya antara asam urat dengan gagal ginjal. Intinya jika asam urat tinggi diabaikan bisa berujung pada kasus gagal ginjal.

Cegah Asam Urat Tinggi dengan Bahan Alami

Ada beberapa jenis bahan alami yang terbukti efekti sebagai obat tradisional asam urat. Dengan kata lain kita bisa membuat obat rumahan dengan bahan-bahan tradisional yang murah dan mudah didapat. Berikut beberapa bahan alami yang mampu mencegah, menetralisir dan mengobati asam urat tinggi.

Minyak Zaitun

Manfaat Minyak Zaitun memang luar biasa. Tak hanya bahan untuk memasak namun minyak ini juga memberi manfaat cukup signifikan terhadap kecantikan dan kesehatan, terutama untuk menetralkan kadar asam urat dalam tubuh. Minyak Zaitun mampu menghambat vitamin E berlebih dalam tubuh. Perlu diketahui, mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E berlebih berpotensi menaikkan kadar asam urat.

Cuka Apel

Bahan alami untuk obat tradisional asam urat tinggi berikutnya adalah Cuka Apel. Di dunia kesehatan Cuka Apel dikenal sebagai bahan aktif untuk proses detoksifikasi alami. Tapi khasiatnya tidak berhenti sampai disitu karena Cuka Apel juga mampu menetralkan asam urat tinggi. Zat dari sari Cuka Apel bersifat alkali sehingga cukup ampuh untuk mencegah dan mengobati asam urat.

Biji Seledri

Sebenarnya ini trik lama namun tidak ada salahnya efektifitas bahan alami ini kita bahas kembali. Biji Seledri memiliki peran signifikan terhadap turunnya kadar asam urat dalam tubuh. Mengonsumsi Biji Seledri sama artinya kita membantu tubuh mengontrol asam urat tinggi untuk kemudian menurunkannya ke level normal.

Baking Soda

Obat tardisional asam urat dari bahan rumahan lainnya yaitu Baking Soda. Sama seperti Cuka Apel, kandungan zat pada Baking Soda bersifat alkali sehingga mampu menetralkan penumpukan asam urat. Tak hanya itu, Baking Soda mampu mencegah semua penyakit yang disebabkan kadara asam urat berlebih.

Tips Mengendalikan Kadar Asam Urat

Selain menggunakan obat tradisional asam urat sebenarnya kita bisa mengendalikan kadar asam urat agar tetap di level normal. Berikut ini caranya.

Minum Air Putih

Minum air putih minimal 8-10 gelas perhari adalah cara tepat untuk melenyapkan kadar asam urat tinggi dalam tubuh. Cara ini juga dapat mencegah pembentukan kristal pada tulang sendi.

Berhenti Merokok

Merokok dapat mengganggu metabolisme tubuh sehingg kebiasaan ini harus dihentikan jika ingin terbebas dari asam urat tinggi. Berhenti minum minuman beralkohol juga langkah tepat karena alkohol memicu meningkatnya kadar asam urat dalam tubuh.

Menjaga Berat Badan Normal

Untuk mengendalikan asam urat sangat penting menjaga berat badan di level normal. Meski begitu tidak perlu menerapkan diet ketat. Berat badan yang menurun drastis akan memicu ketosis yang justru meningkatkan resiko asam urat tinggi. Intinya lebih bijak jika melakukan program diet secara bertahap.

Hindari Faktor Pemicu

Pemicu asam urat tinggi bisa dari berbagai hal termasuk makanan yang dikonsumsi. Menurut penelitian buah Tomat menjadi salah satu penyebab utama asam urat disamping beberapa makanan seperti daging dan seafood.

Meskipun kini banyak obat tradisional asam urat yang terbukti mampu menurunkan kadar asam urat tinggi namun sebaiknya kita juga memperhatikan tindakan pencegahannya. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati?

Obat Tradisional Asam Urat dari Bahan-bahan Alami | fuad | 4.5