Obat Flu Tradisional Murah dan Berkhasiat

Monday, August 29th, 2016 - Flu, Obat Tradisional

Musim peralihan atau pancaroba merupakan musim dimana virus flu sangat mudah menginfeksi saluran pernapasan. Masa inkubasi virus flu dalam tubuh tergolong singkat karena gejala flu bisa muncul hanya selang 1-2 hari pasca terinfeksi. Sedangkan masa flu paling beresiko menular yaitu setelah 1 hari sejak gejala muncul kemudian berlanjut sekitar 6 hari setelahnya.

Obat Flu dari Bahan Rempah-rempah

Gejala flu muncul biasanya ditandai dengan demam, pegal-pegal, sakit persendian, sakit kepala, sakit tenggorokan dan kehilangan nafsu makan. Gejala flu kemudian bertambah parah sekitar 3-4 hari dan akan sembuh dengan sendirinya. Waktu dari pertama gejala flu muncul hingga sembuh tergantung dari daya tahan tubuh masing-masing penderita.

Obat Flu Tradisional dari Bahan Rempah-rempah

Flu disertai batuk mudah menyerang terutama ketika daya tahan tubuh seseorang menurun. Jika mengalami gejala flu sebaiknya tidak perlu buru-buru minum obat sebab ada beberapa obat flu tradisional dari bahan rempah-rempah yang murah dan mudah didapat.

Susu dan Kunyit

Perpaduan susu dan kunyit sudah dipercaya turun temurun sebagai ramuan untuk meredakan flu dan batuk. Kunyit mengandung kurkumin dan minyak atsiri yang bersifat anti-inflamasi. Kandungan tersebut ternyata cukup ampuh meringankan flu, batuk dan sakit tenggorokan.

Bawang Putih

Untuk flu dan batuk membandel bawang putih mungkin solusi paling tepat. Mengunyah 1 siung bawang putih flu dan batuk akan reda karena rempah bumbu dapur ini mengandung allicun yang bersfiat anti-bakteri untuk mengobati flu dan batuk secara alami.

Jahe

Khusus rempah yang satu ini mungkin sejak lama populer sebagai obat flu tradisional. Banyak sekali produk obat flu dan batuk yang menggunakan ekstrak Jahe. Untuk pengobatan secara alami cukup cincang jahe secukupnya lalu seduh dengan air panas kemudian tambahkan 1 sendok teh madu. Minuman jahe hangat cukup efektif meredakan flu dan batuk karena rempah ini mengandung senyawa anti-inflamasi yang mendorong air liur dan sekresi lendir.

Lada Hitam

Obat flu tradisional yang tak kalah manjur adalah Lada Hitam. Salah satu bumbu dapur ini juga memiliki sifat anti-bakteri. Tidak hanya menghangatkan tubuh namun kandungan zat didalamnya mampu mendorong keluarnya lendir atau dahak. Cukup taburkan bubuk Lada Hitam pada sup panas maka flu dan batuk akan menyingkir.

Kayu Manis

Kayu Manis mengandung zat anti-virus dan anti-bakteri untuk melawan virus penyebab flu. Untuk mengobati flu tambahkan bubuk kayu manis dalam segelas air mendidih lalu tambahkan lagi sedikit madu. Minum dua kali sehari sampai flu dan batuk sembuh.

Cara Menghindari Flu dan Batuk

Meskipun bukan kategori penyakit berat flu dan batuk memang cukup mengganggu aktifitas. Untuk menghindarinya ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti berikut ini.

Hindari Kafein dan Perbanyak Cairan

Kafein pada kopi ternyata berpotensi memperparah batuk. Jadi jika gejala flu mulai terasa sebaiknya hindari minum kopi. Agar flu tidak semakin parah sebaiknya mengonsumsi lebih banyak cairan. Cairan yang dianjurkan adalah air putih, air jeruk, glukosa dan jus nanas.

Teh Hijau dan Buah-buahan

Jenis teh hijau (green tea) mengandung zat khusus yang bersifat anti-peradangan. Minum teh hijau ketika gejala flu menyerang maka gejala flu tidak akan berlanjut ke fase yang lebih parah. Selain teh hijau beberapa jenis buah-buahan yang kaya vitamin C sangat baik untuk menghindari flu dan batuk. Buah-buahan yang direkomendasikan yaitu jeruk dan nanas.

Obat flu tradisional secara medis memang lebih aman dibanding obat-obatan yang mengandung unsur kimia. Disamping aman bahan tradisional jauh lebih murah dan mudah didapat. Jadi kalau ada yang lebih murah mengapa harus memilih yang mahal?

Obat Flu Tradisional Murah dan Berkhasiat | fuad | 4.5