Keunggulan Obat Tradisional Kolesterol dari Daun Salam

Sunday, August 28th, 2016 - Kolesterol, Obat Tradisional

Kolesterol sering dianggap menjadi penyebab munculnya sejumlah penyakit berbahaya. Beberapa penyakit yang biasanya sering dikait-kaitkan dengan kolesterol adalah darah tinggi (hipertensi), stroke, jantung dan penyakit lain yang berhubungan dengan cardiovascular. Sebelum membahas obat tradisional kolesterol lebih lanjut sebaiknya kita ketahui apa sebenarnya yang dimaksud dengan kolesterol ini.

daun Salam

Jenis-jenis Kolesterol

Definisi secara singkat, kolesterol adalah sekumpulan lemak yang terdapat pada tubuh manusia. Kolesterol sendiri dihasilkan oleh organ hati. Kolesterol dibagi menjadi 2 jenis yang berlawanan yaitu kolesterol baik atau High Density Lipoprotein (HDL). Kolesterol HDL terdapat pada arteri dan berfungsi untuk memproteksi pembuluh darah dari Aterosklerosis. Aterosklerosis sendiri merupakan kondisi dimana terdapat plak di dinding pembuluh darah yang dapat memicu serangan jantung atau jantung koroner.

Sedangkan jenis kolesterol yang kedua yaitu kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL). Kolesterol jahat ini biasanya mengendap di bagian arteri tubuh sehingga memicu penyakit jantung dan stroke. Untuk menetralisir kandungan kolesterol jahat ini biasanya orang menggunakan obat tradisional kolesterol dari beberapa tanaman herbal.

Gejala Kolesterol Tinggi

Dalam tubuh manusia kolesterol menyebar ke semua bagian tubuh termasuk ke kulit, otot, syaraf, jantung dan ke otak. Penyakit kolesterol sendiri muncul akibat kadar kolesterol yang tinggi atau diatas normal. Seseorang dikatakan memiliki kolesterol normal jika kadar kolesterol-nya berada antara 160mg-200mg. Sedangkan kolesterol 200mg-239mg adalah fase berbahaya. Jika kadar kolesterol mencapai diatas 240mg, ini adalah fase resiko tinggi dimana seseorang sangat mudah terkena stroke atau serangan jantung.

Biasanya obat tradisional kolesterol dipilih berdasarkan gejala yang muncul. Gejala kolesterol tinggi ditandai munculnya benjolan berwarna kemerahan (disebut xanthomas). Gejala tersebut biasanya diikuti rasa yang sangat sakit pada persendian, pusing, kesemutan dan migraine yang seringkali kambuh. Hanya saja ada beberapa kasus kolesterol tinggi namun tidak muncul gejala spesifik.

Sebenarnya tanpa obat tradisional kolesterol atau obat-obatan kimiawi seseorang bisa menurunkan kolesterol tubuh dengan cara menerapkan pola hidup sehat. Pengertiannya, tanpa harus mengonsumsi makanan berlemak yang memicu kolesterol tinggi tubuh bisa memenuhi kebutuhan kolesterol sendiri. Mengapa bisa demikian? Karena organ hati sanggup memproduksi kolesterol hingga 80 persen sementara 20 persen kurangnya bisa kita penuhi dari makanan sehat yang kita konsumsi.

Tumbuhan Obat untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi kita bisa membuat obat tradisional kolesterol sendiri. Ada banyak sekali tumbuhan obat disekitar kita yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit ini. Salah satu tanaman obat yang murah dan mudah didapat yaitu daun Salam. Selain efektif menurunkan kolesterol tinggi ramuan daun Salam bisa dibuat minuman tradisional menyegarkan.

Cara membuat ramuan tradisional ini cukup mudah. Siapkan 7 lembar daun Salam dan 30 gram daun Ceremai. Rebus kedua bahan tersebut dengan 3 gelas air (600 cc), biarkan mendidih hingga tinggal 300 cc saja. Minum air rebusan 1 kali sehari secara teratur. Lakukan cara ini setiap hari selama 3 minggu.

Selain menggunakan obat tradisional kolesterol kita bisa melakukan upaya pencegahan penyakit kolesterol. Ubah pola makan dengan mengonsumsi makanan sehat. Tinggalkan makanan cepat saji, junk food dan semua makanan yang mengandung lemak tinggi seperti daging dan gorengan. Sebaliknya perbanyak mengonsumsi makanan kaya serat seperti sayur dan buah-buahan. Kandungan serat dalam sayur dan buah akan melarutkan kolesterol jahat dalam tubuh. Jangan lupa imbangi dengan minum air putih minimal 2 liter (10 gelas) per-hari.

Keunggulan Obat Tradisional Kolesterol dari Daun Salam | fuad | 4.5